7 Langkah, Cara Belajar Bahasa Arab dengan Cepat

Belajar bahasa Arab berarti berbicara bahasa keenam yang paling banyak digunakan, dituturkan oleh lebih dari 400 juta orang di dunia.

Meskipun belajar bahasa Arab sedikit sulit, kami memiliki beberapa tips rangkuman dan rahasia yang dapat membantu Anda mempelajarinya lebih cepat.

Bagaimana Cara Belajar Bahasa Arab dengan Cepat?

Banyak orang akan memberi Anda hal-hal berbeda yang mengklaim itu cara terbaik untuk belajar bahasa Arab, namun, Anda jarang menemukan seseorang yang benar-benar dapat memberi tahu Anda apa cara tercepat untuk belajar bahasa Arab. Meskipun bahasa lebih baik dipelajari dengan lambat dan hati-hati, tidak ada salahnya mencoba tips ini untuk membantu Anda membuat kemajuan lebih cepat dalam pembelajaran bahasa Arab.

1. Putuskan Mana yang Ingin Anda Pelajari: Klasik atau Modern?

Bahasa Arab memiliki dua jenis utama: Bahasa Arab Klasik atau Bahasa Arab Al-Quran, dan Bahasa Arab Standar Modern (MSA). Meskipun keduanya adalah bagian dari bahasa Arab, masing-masing memiliki tujuannya sendiri.

Bahasa Arab klasik sering digunakan dalam karya sastra, seperti puisi, drama, dan karya sejarah. Ini jarang digunakan secara luas sebagai bahasa lisan; sebagai gantinya, bahasa Arab standar digunakan.

Karena lebih sederhana, bahasa Arab standar lebih umum digunakan daripada bahasa Arab klasik. Ini dapat ditemukan di hampir setiap jenis media, termasuk televisi, film, surat kabar, dan siaran radio. Politisi menggunakannya dalam debat dan pidato, guru menggunakannya di kelas, dan beberapa penulis bahkan menggunakannya dalam publikasi.

Bahasa Arab Klasik (Quranic) adalah tempat yang sangat baik untuk memulai jika Anda ingin belajar membaca, menghafal, atau memiliki pemahaman yang lebih baik tentang Quran.

Sebaliknya, jika Anda ingin mengunjungi negara berbahasa Arab atau ingin belajar berbicara bahasa Arab dengan lancar, Bahasa Arab Standar Modern adalah pilihan yang ideal. Karena kedua dialek bahasa Arab tersebut sangat mirip, setelah Anda mempelajari salah satunya, Anda akan dapat mempelajari yang lain dengan mudah.

2. Mulai Dengan Abjad (Abjad)

Orang-orang mencoba melewati langkah ini dengan berpikir itu membuang-buang waktu, tetapi mereka akhirnya menjadi bingung.

Bahasa Arab memiliki 28 huruf (Abjad). Masing-masing dari 28 huruf Arab memiliki bentuk dasar, tetapi bentuk ini berubah tergantung pada apakah huruf tersebut ditempatkan di awal, tengah, atau akhir kata. Anda tidak akan dapat membaca transkrip bahasa Arab tanpa mengetahui setiap bentuk huruf-huruf ini.

Pertama, Anda mempelajari huruf, kemudian membentuk kata, kemudian menggunakan beberapa kata untuk membentuk kalimat dengan tata bahasa Arab yang benar, dan seterusnya. Jadi Anda tidak mungkin melewatkan langkah pertama dan mengharapkan sisanya berhasil.

3. Pelajari Tashkeel (Harokat)

Jika Anda mempelajari cara membaca dan berbicara bahasa Arab untuk pemula, Anda mungkin melihat simbol kecil yang ditempatkan di atas atau di bawah huruf Arab. Nah, itulah yang disebut Tashkeel dalam bahasa Arab. Mereka mungkin tidak ditemukan dalam semua tulisan Arab, seperti Standar Modern. dan ini sangat diperlukan untuk tulisan kitab suci seperti Quran atau untuk membaca dan memahami Hadits, serta teks apa pun yang ditujukan untuk dibaca pemula.

4. Pelajari Cara Menggunakan Kamus Bahasa Arab

Itu termasuk dalam sebagian besar kursus bahasa Arab, karena tidak semudah dalam bahasa lain. Anda memerlukan kamus bahasa Arab untuk mencari kata-kata baru yang tidak Anda ketahui, dan Anda tidak dapat melakukannya jika Anda tidak tahu cara menemukannya di kamus sejak awal.

Dalam kamus bahasa Arab, kata-kata umumnya disusun berdasarkan akar tiga huruf (Alif, Waw, Yaa’). Untuk mencari sebuah kata, Anda harus terlebih dahulu menentukan apa akarnya, dan huruf apa yang dimulai dengan akar kata, yang tidak selalu merupakan huruf pertama dalam kata tersebut. Dibutuhkan latihan untuk menggunakan kamus, tetapi semakin cepat Anda mempelajarinya, semakin baik. Ini akan membuat semuanya lebih mudah dan lebih menyenangkan.

5. Benamkan Diri Anda

Membenamkan diri dalam bahasa apa pun yang ingin Anda pelajari, termasuk juga untuk bahasa arab, Misalnya, jika Anda ingin mempelajari kosakata bahasa Arab sebanyak mungkin, Pendekatan yang ideal adalah dengan melihatnya, mendengarnya, menulisnya, dan mengucapkannya. Jadi, cobalah untuk menggabungkan sebanyak mungkin kegiatan ini untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Sebagai tip bermanfaat: 

tonton acara bahasa Arab anak-anak dan coba pelajari apa yang mereka katakan. Pertunjukan ini cenderung sederhana dan menghibur, bertujuan untuk mengajarkan dasar-dasar bahasa dengan cara yang mudah. Jika Anda bukan penggemar acara anak-anak, kami sarankan menonton film Arab dengan teks bahasa yang Anda pahami.

6. Dengarkan Audio Arab

Jika Anda ingin tahu cara belajar berbicara bahasa Arab dengan cepat, Anda harus lebih sering mendengarkan.

Ada banyak podcast berbahasa Arab yang menggunakan bahasa Arab Standar Klasik dan Modern. Anda dapat memilih mana yang Anda minati dan menjadikannya kebiasaan sehari-hari. Dalam beberapa minggu, Anda akan dapat melihat peningkatan.

7. Lakukan Yang Terbaik Untuk Melakukan Percakapan

Bahkan jika Anda masih belajar, lakukan yang terbaik untuk melakukan percakapan dengan penutur bahasa Arab untuk mempraktekkan apa yang Anda pelajari. Ada ribuan pelajar bahasa Arab di seluruh dunia dan Anda dapat menghubungi salah satu dari mereka melalui situs pertukaran bahasa, jika Anda tidak memiliki teman berbahasa Arab.

Tips terakhir adalah jangan pernah kehilangan harapan. Kami tahu bahwa bahasa Arab terkadang menantang, tetapi setelah Anda mempelajarinya, Anda akan melihat dan merasakan manfaat yang sangat besar.

Ingat, Bahasa Aarab adalah bahasa yang menyenangkan dan penting dipelajari terutama bagi seorang muslim, karna dengan belajar bahasa ini ia mampu membaca, memahami dan mengamalkan dengan baik kitab sucinya Al-Qur'an dan memahami sabda nabinya yang terhimpun dan Al-haditsnya.

Ayo Belajar, dan lakukan cara semaksimal mungkin, Apa lagi yang kamu tunggu?!

Berikutnya Sebelumnya
No Comment
Add Comment
comment url