10 Alasan Mengapa Anda Harus Belajar Bahasa Arab

Apa Manfaat Mencapai Kefasihan dalam Bahasa Arab?

Bahasa Arab adalah bahasa yang indah, bukan hanya menarik untuk dipelajari. Berbicara bahasa Arab dengan lancar dapat meningkatkan kehidupan Anda secara signifikan. Jadi, apa alasan untuk belajar bahasa Arab? Apakah bahasa Arab layak dipelajari? Mengapa Anda harus mencoba bahasa Arab? Jika Anda bingung atau tidak yakin tentang bahasa Arab, 10 alasan ini pasti akan memotivasi Anda untuk mulai belajar hari ini.

1. Baca Al-Qur'an dalam bahasa Arab

Dengan berbicara bahasa Arab, Anda dapat memperoleh akses ke agama terbesar kedua di dunia: Islam. Didirikan di Timur Tengah oleh Nabi Muhammad pada abad ke-7, itu masih salah satu agama paling penting saat ini. Ada 1,7 miliar Muslim di seluruh dunia. Dan sebagian besar negara berbahasa Arab adalah mayoritas Muslim.

Kitab suci resmi Islam disebut Al-Qur'an. Ditulis dalam bahasa Arab, yang merupakan alasan besar mengapa orang Muslim belajar bahasa Arab. Membaca Al-Qur’an diperlukan untuk memahami kompleksitas agama. Dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan berbicara bahasa Arab. Bahkan akan mendapatkan pahala bagi muslim yang membacanya.

2. Jangan Khawatir, Bahasa Arab Itu Mudah Dipelajari

Bahasa Arab tidak sulit dipelajari. Sama mudahnya untuk dikuasai seperti bahasa modern lainnya. Meskipun memiliki sistem penulisan yang berbeda dari bahasa Inggris, setelah Anda menguasai alfabet Arab, Anda dapat mempelajarinya dengan cepat. Banyak pelajar bahasa khawatir tentang suara bahasa Arab. Pengucapan bahasa Arab juga tidak mustahil untuk dikuasai. Bahkan, mayoritas suara Arab juga ditemukan dalam bahasa Inggris.

Bahasa Arab mudah dipelajari karena banyak orang yang mengucapkannya. Dengan signifikansi hari ini, bahasa ini memiliki banyak sumber daya hebat yang dapat digunakan pelajar. Manfaatkan kesempatan yang ditawarkan bahasa Arab kepada Anda sebagai pembelajar bahasa.

3. Bahasa Arab adalah Bahasa Resmi PBB

Berkat penggunaannya yang luas, bahasa Arab adalah salah satu dari 6 bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa. Artinya, berbahasa Arab sangat penting dalam hubungan internasional dan diplomasi.

4. Belajar Bahasa Arab untuk Berbicara dengan 420 Juta Orang

Dengan sekitar 422 juta penutur di seluruh dunia, bahasa Arab adalah bahasa ke-6 yang paling banyak digunakan di dunia. Jadi, bahasa memiliki makna dan relevansi yang sangat besar saat ini. Dan Anda pasti dapat menemukan banyak penutur asli bahasa Arab untuk berlatih.

Bahasa Arab adalah bahasa resmi 25 negara. Ini paling umum di Timur Tengah dan Afrika Utara. Mesir, Aljazair, UEA, dan Arab Saudi hanyalah beberapa contoh dunia berbahasa Arab. Meskipun ada lebih dari 30 dialek bahasa Arab yang berbeda di antara negara-negara ini, bahasa Arab Standar Mesir atau Modern dipahami di mana-mana, jadi ada baiknya mempelajarinya.

5. Tingkatkan Karir Anda dengan Belajar Bahasa Arab

Jutaan pembicara, bahasa diplomatik resmi, wajar jika berbicara bahasa Arab dapat menguntungkan Anda di dunia bisnis. Apakah perusahaan Anda berencana atau sudah memiliki mitra bisnis di negara-negara berbahasa Arab, kefasihan bahasa Arab Anda bisa menjadi aset yang sangat mengesankan dan penting.

Ekonomi berkembang pesat di negara-negara berbahasa Arab. Arab Saudi memiliki PDB sebesar $18 miliar, yang sebagian besar berasal dari perdagangan minyak. Ada banyak peluang untuk karir Anda, yang bisa Anda buka dengan berbicara bahasa Arab. Ini adalah salah satu alasan terbaik untuk belajar bahasa Arab sesegera mungkin.

6. Bepergian dengan Mudah

Berbicara bahasa asing dengan lancar sangat berharga saat Anda bepergian. Anda dapat memahami penduduk setempat, menavigasi dengan mudah, dan menemukan peluang yang bahkan tidak dapat diimpikan oleh turis biasa. Tapi, kalau bahasa asing itu bahasa Arab, lebih bagus lagi.

Dengan 25 negara dengan populasi penutur asli bahasa Arab, Anda memiliki pilihan negara untuk dikunjungi. Anda dapat berbelanja di pasar Marrakesh, atau mengagumi Piramida di Kairo. 

Dengan bahasa Arab, Anda dapat melakukan perjalanan ke banyak negara dengan mudah, yang merupakan salah satu alasan terbesar untuk mempelajarinya. Ada banyak tujuan liburan yang menakjubkan, seperti Dubai atau garis pantai Tunisia. Anda dapat menikmati liburan yang layak dan melatih kefasihan bahasa Arab Anda pada saat yang bersamaan.

7. Mengenal Budaya Arab

Meskipun banyak negara memiliki bahasa Arab sebagai bahasa resmi mereka, masing-masing dari mereka memiliki kehidupan budaya yang berbeda. Seni, sejarah, dan tradisi berbeda di antara budaya berbahasa Arab, tetapi bahasa masih menghubungkan mereka. 

Berbicara bahasa asing juga membuat Anda lebih terbuka dan memahami budaya yang berbeda. Dengan berbicara bahasa Arab, Anda dapat memahami pola pikir dan pandangan dunia jutaan orang. Dan Anda bisa menjadi warga dunia dengan semangat menerima dan simpatik. Ini adalah salah satu alasan yang paling diremehkan untuk belajar bahasa Arab.

8. Nikmati Sejarah dalam Bahasa Arab

Bahasa Arab adalah bahasa yang sangat tua. Bukti tertulis pertama bahasa Arab berasal dari tahun 512 M, membuatnya berusia lebih dari 1500 tahun. Dalam sejarahnya, bahasa Arab menyentuh banyak budaya dan bangsa. Bahasa ini menghubungkan puisi, sains, dan politik mereka.

Sebelum Renaisans Eropa, Kekaisaran Islam adalah titik pusat matematika dan sains di dunia. Itu sebabnya sistem nomor kami misalnya didasarkan pada angka Arab. Baik Anda ingin belajar tentang astronomi atau Kekaisaran Ottoman yang agung, berbicara bahasa Arab dapat membantu Anda lebih menikmati sejarah. Dapatkan akses ke penelitian dan bagian dari sejarah manusia melalui bahasa Arab.

9. Jadilah Unik dengan Bahasa Arab

Pentingnya global bahasa Arab adalah alasan yang bagus untuk mempelajarinya. Namun, terlepas dari 270 juta penutur asli di Timur Tengah dan Afrika, bahasa Arab adalah bahasa kedua yang langka di Barat. Anda dapat menjadi aset unik di Amerika Serikat dan Eropa dengan berbicara bahasa yang indah ini.

Ini seperti negara adidaya. Bagaimana Anda menggunakannya sepenuhnya terserah Anda. Anda bisa menjadi duta besar, atau bergabung dengan politik dari sudut diplomatik. Anda dapat membaca dan belajar tentang bahasa Arab, dan memberi tahu komunitas Anda tentang keindahan budayanya. Atau, Anda juga bisa menjadi sangat kaya dengan berbisnis dengan perdagangan minyak Arab. Bahasa Arab membuka peluang unik yang dapat menguntungkan Anda secara eksponensial.

10. Tingkatkan Otak Anda dengan Belajar Bahasa Arab

Tahukah Anda bahwa berbicara bahasa asing meningkatkan kesehatan otak Anda? Memang benar, latihan memori secara fisik membantu pikiran Anda. Orang bilingual memiliki peluang bertarung yang lebih baik melawan demensia dan Alzheimer.

Berbicara bahasa asing juga merupakan dorongan kepercayaan diri yang besar. Nilai dan nilai memiliki bahasa lain untuk mengekspresikan pikiran Anda tidak terukur. Anda dapat dengan mudah meningkatkan kesehatan mental Anda, dan memberi diri Anda kepercayaan diri. Dan menguasai bahasa seperti bahasa Arab tentunya akan berdampak positif bagi kehidupan Anda.

Apakah Bahasa Arab Layak Dipelajari?

Sangat. Ada banyak alasan lain untuk belajar bahasa Arab. Bahasa ini akan membuat hidup Anda lebih baik. Komunikasi yang lebih baik, kecerdasan yang lebih tinggi, dan citra diri yang lebih baik.

Sebelumnya
No Comment
Add Comment
comment url