Buku Belajar Kaligrafi Kufi PDF

Kota Kufah berdiri di Irak di tahun 641 M. Kota ini tumbuh pesat dari kamp tentara jadi kota pemukiman dengan kegiatan kebudayaan yang vital. Salah satu kesenian yang berkembang adalah penulisan Arab dalam gaya yang lebih indah dan elegan yang dikenal sebagai Kufi.

Kufi awal berupa tulisan Arab standar yang biasa dijumpai dalam buku Al Quran atau teks resmi berbahasa Arab. Pada perkembangannya muncul Kufi Timur. Gaya ini bercirikan pada kecenderungan untuk membentuk belah ketupat, menekankan aspek geometris, dan lebih rigit. Gaya ini umumnya untuk buku kaligrafi daripada arsitektural, tapi sangat populer pada keramik.

Kufi Berdaun memanfaatkan goresan tebal dengan ujung-ujung berbentuk kerucut kecil seperti ornamen daun-daunan. Ornamen ini ditambahkan pada lingkaran goresan. Gaya ini menjadi gaya paling populer pada inskripsi arsitektural sejak abad ke-10.

Kufi Terjalin mirip dengan kufi berdaun, tapi dengan garis-garis vertikal yang ditarik tinggi dan saling dikawinkan pada dua garis berdekatan oleh sebuah pola bunga. Gaya ini berkembang di abad 11 dan banyak memodifikasi bentuk ornamen. Komposisi kaligrafi kemudian menjadi lebih kompleks.

Sejak awal abad ke-14 kaligrafi telah menjadi medium yang paling penting dalam kesenian Arab dan budaya Islam. Kaligrafi sendiri berkembang dari gaya penulisan Arab dalam dua keluarga besar, kursif dan kufi. Gaya kufi adalah penulisan yang kering, sedang kursif bergaya campuran. Keduanya sudah ada jauh sebelum Islam.

Baru setelah Islam, di bawah Umayah dan Abbasiyah, penulisan ini bermuatan religius dan berfungsi dakwah. Abu Ali Muhammad Ibnu Muqlah (wafat 940) menjadi kaligrafer di Baghdad pada abad awal. Abu Ali kemudian mengembangkan penulisan pertama dengan aturan proporsional yang ketat dan standar.

Kufi mengombinasikan persegi empat dan garis angular di satu sisi dan bentuk lingkaran tebal dan padat. Goresan vertikalnya pendek sementara goresan horisontalnya cenderung panjang dan lebar. Kufi mencapai kesempurnaanya di pertengahan kedua abad ke-8 dan mendorong upaya awal pengembangan kaligrafi Arab.

Kufi Persegi adalah gaya kufi yang sederhana, hanya mengobah kufi standar ke dalam bentuk persegi-segi, sehingga terkesan kaku dan tegas. Gaya yang berkembang di abad 13 dan 14 ini bertentangan dengan tren yang sedang berkembang kala itu yang lebih kompleks. Gaya ini paling sering dipakai dalam arsitektur. 

Sumber : www.islampos.com

Penampakan sampul depan 


Penampakan isi buku yang lengkap disertai penjelasan  

Sangat lengkap untuk pemula karna di beri contoh dan garis sesuai kaidahnya


Bagi anda yang berminat untuk mempelajarinya dan mengajarkannya ke orang lain bisa mengunduh file buku pedomannya secara gratis di bawah ini yang berfomat PDF semoga bermanfaat :


Dan bagi anda yang ingin mempeajari sekaligus membuat khot kufi secara lengkap, detail, dan menarik versi digitalnya, maka silahkan tonton cahnnel youtube miliknya PAMUNGKAS ART, bahkan dalam pembuatannya hanya menggunakan hand phone android dan didukung aplikasi pixallab.
Salah satu vidio tutorialnya dapat anda tonton di bawah ini :

Berikutnya Sebelumnya
No Comment
Add Comment
comment url