Tanda Irob Isim Mufrad Dan Contohnya dalam Surat al Fatihah

Sudah dijelaskan sebelumnya tentang Definisi dan Pembagian Isim Mufrad. Isim mufrad banyak sekali kita temukan dalam bahasa arab, baik bahasa al quran maupun bahasa sehari-hari. Untuk memudahkan saya menuliskan lagi tentang definisi isim mufrad menurut ahli Nahwu berikut ini:

ما ليس مُثَنَّي ولا مجموعاً ولا ملحقاً بهما ولا من الأسماء الخمسة
Isim yang tidak bermakna dua (tatsniyah) dan tidak bermakna banyak (jamak) serta bukan merupakan mulhaq isim tatsniyah dan jamak, dan bukan asmaul khomsah atau asmaussittah.

Penjelasan Tanda Irab Isim Mufrod

Tanda Irob Isim Mufrad Dan Contohnya dalam Surat al Fatihah

Sebagaimana kita ketahui, bahwa kalimah isim hanya memiliki 3 irob yaitu irob rofa, nashob, dan jer. Begitu juga dengan Isim Mufrod, karena merupakan bagian dari kalim isim, maka Isim Mufrod juga hanya menerima 3 irob. Isim Mufrad, dalam setiap i'robnya memiliki tanda masing-masing dan dapat kita bedakan dengan mudah. Berikut penjelasannya:
  1. Irob Rofa. Isim mufrod yang irob rofa' ditandai i'robnya yaitu dengan Dhommah.
  2. Irob Nashob. Isim mufrod yang irob Nashob ditandai i'robnya yaitu dengan fathah.
  3. Irob Jar. Jika Isim mufrod Munshorif ditandai i'rob jarnya yaitu dengan Kasroh, Namun jika Isim Mufrod Ghoer Munshorif tanda i'rob jarnya adalah dengan fathah.

Untuk memudahkan memahami Isim mufrad, mari kita baca dan teliti bersama dalam surat Al Fatihah, Lafadz mana saja yang termasuk isim mufrad.

Lafadz yang termasuk Isim Mufrad dalam Surat Al Fatihah

Untuk lebih mudah difahami, kita urutkan pembahasan surat Al Fatihah perayat:

  1. Surat Al fatihah Ayat 1. Lafadz yang termasuk isim mufrod pada ayat 1 ada 3 kalimah yaitu: الله الرحمن الرحيم. Ketiga lafadz tersebut ada dalam i'rob jar, dan memiliki tanda yang sama yaitu kasroh.
  2. Surat Al fatihah Ayat 2. Lafadz yang termasuk isim mufrod pada ayat 2 ada 3 kalimah yaitu: الحمد  الله  رب . Tanda irobnya adalah : alhamdu irob rofa ditandai dengan dhommah, lafadz alloh irob jar ditandai dengan kasroh, Robbi irob jar ditandai dengan kasroh.
  3. Surat Alfatihah ayat 3 memiliki tanda dan kalimah yang sama dengan ayat 1.
  4. Surat Al fatihah Ayat 4. Lafadz yang termasuk isim mufrod pada ayat 1 ada 3 kalimah yaitu: مالك  يوم  الدين. Ketiga lafadz tersebut ada dalam i'rob jar, dan memiliki tanda yang sama yaitu kasroh
  5. Surat Al Fatihah ayat 5. Kalimah yang termasuk isim mufrad dalam surat ini ada 2, yang keduanya merupakan isim mabni yaiitu lafadz إياك. Keduanya tidak punya tanda irob karena isim mabni yang berada dalam tempat iroba nashob. Sebenarnya, jika kita gali lebih jauh, ada 2 lagi kalimah isim yang tersimpan yaitu fail lafadz na'budu dan nasta'inu, keduanya adalah isim domir mustatar wujub yang digunakan untuk mutakallim ma'al ghair tapi tidak menunjukkan makna mufrod.
  6. Surat Al Fatihah aya 6. Isim mufrod dalam ayat ini ada 2 lafadz yaitu الصراط  المستقيم. Keduanya irob rofa dan ditandai dengan fathah.
  7. Surat al Fatihah ayat 7. Isim mufrod yang mu'rob dalam ayat ini ada 2 yaitu lafadz. Lafadz ashshiroth irob nashob tanda irobnya fathah, sedangkan al maghdubi irob jar ditandai dengan kasroh.
Dengan meneliti langsung pada kalimah bahasa arab, atau langsung pada ayat al Quran, akan lebih cepat memahami penjelasan Isim Mufrod dan penjelasan ilmu nahwu lainnya. Karena ilmu nahwu tanpa praktik adalah sia-sia saja.

Demikian penjelasan Tanda Irob Isim Mufrad Dan Contohnya dalam Surat al Fatihah semoga bisa membantu mempelajari ilmu Nahwu Shorof. Untuk menghormati hak cipta dan karya orang lain, jika anda mengutip sebagian atau seluruh artikel ini, harap mencantumkan sumber nahwushorof.com. Terima kasih.

Terima Kasih telah berkunjung dan berkomentar
EmoticonEmoticon