Inilah Doa yang Dibaca Pada Ahir Tahun dan Awal Tahun Baru Islam

Moment Tahun Baru Islam tahun 2018 akan segera tiba. Seyogyanya Umat islam merasa bergembira, sebagaimana kita bergembira dengan kedatangan tahun baru Masehi yang banyak sekali diperingati oleh orang islam maupun non islam. 1 Muharram 1440 Hijriah akan bertepatan dengan tanggal 11 September 2018 tepatnya pada hari selasa.

Bagi umat islam, memperingati atau memeriahkan tahun baru islam tidak harus seperti menyambut tahun baru masehi dengan pesta kembang api dan hura-hura. Banyak amaliah yang dicontohkan Rasulullah Saw dalam rangka memperingati tahun Baru Islam ini. Salah satu amaliah yang tidak boleh dilewatkan adalah membaca Doa Ahir tahun dan Doa Awal Tahun.

Doa Akhir Tahun Islam

Tahun Baru Islam Tahun 2018 1 Muharram 1440 H

Akhir tahun merupakan sarana untuk muhasabah, melihat diri sendiri. Segala hal yang telah kita lakukan selama satu tahun kebelakang. Apakah lebih banyak beramal atau sebaliknya? kita lebih banyak mencaci dan membenci orang. Untuk itu, Alangkah baiknya, penutupan akhir tahun ini ditutup dengan doa sebagai bentuk iabadah dan kepasrahan kita terhadap Alloh swt.

Inilah doa yang dianjurkan dibaca pada penghujung tahun baru islam. Doa ini sebaiknya dibaca 3 kali. Berikut doanya:

 اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Ya Alloh, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berrarti mendurhakai-Mu. Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah.

Doa Awal Tahun Baru Islam

Setelah masuk tanggal 1 Muharram Baiknya kita membaca doa Awal Tahun. Doa ini dibaca ketika malam tanggal 1 Muharram yang dimulai dari masuknya waktu maghrib.

Dengan pergantian tahun baru, Doa merupakan senjata yang ampuh untuk mengarahkan harapan di tahun baru ini kepada Alloh swt, Semoga tahun baru ini lebih baik dan bisa menjadi pribadi yang lebih bermanfaat dianding tahun kemarin. Berikut Lafal Doa Awal Tahun, dan sebaiknya dibaca 3 kali di malam 1 Muharam:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِه، وَالعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

“Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini.
Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan.”

Selain membaca Doa diatas, masih banyak amalan yang seyogyanya dilaksanakan oleh umat islam dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam. Diantara amalan yang sunah untuk dilaksanakan adalah Melaksanakan Puasa dan Memperbanyak Sodaqoh Seperti dijelaskan dalam artikel berikut: Begini Seharusnya Umat Islam Memperingati Tahun Baru Islam
.

Demikian Doa yang Dibaca Pada Akhir Tahun Dan Awal Tahun Baru Islam. Semoga tahun Baru Islam 1440 ini, menjadi moment perdamain umat islam ditahun politik.

Terima Kasih telah berkunjung dan berkomentar
EmoticonEmoticon