Biaya Pernikahan dan Aturan Mas Kawin Dalam Islam

Tujuan pernikahan adalah mendapat kebahagiaan yang alami tidak dipaksakan dan bukan karena adanya harta. Sehingga pesta pernikahan dan semua rangkaiannya hendaknya dilakukan sesuai kemampuan dan tidak dipaksakan. Dalam pernikahan, Biaya adalah sesuatu yang memang harus dipersiapkan. Biaya yang mencakup acara nikah, dari mulai lamaran, biaya resepsi, biaya mas kawin dan biaya lainnya, merupakan salah satu yang kadang-kadang membani bagi seorang yang ingin melaksanakan pernikahan.

Pernikahan yang elegan adalah pernikahan yang dilakukan natural sesui kemampuan, tidak ada paksaan apalagi sampai menyisakan utang yang besar. Namun, bagaiman Islam memandang aturan biaya nikah dan biaya mas kawin ini?


Hadits Hadits Tentang Biaya Pernikahan dan Besarnya Mas Kawin atau Mahar

Biaya Pernikahan dan Aturan Mas Kawin Dalam Islam

Banyak sekali hadits yang menjelaskan tentang bagaimana seharusnya seorang muslim melaksanakan walimatul ursy yang menyangkut biaya pernikahan dan biaya mas kawin. Berikut diantara hadits hadits tersebut:

Hadits 1
Diriwayatkan dari Aisyah ra bahwa Rasulullah saw bersabda: "Sesungguhnya Pernikahan yang paling besar barokahnya adalah pernikahan biayanya paling murah" Hadits Riwayat Imam Ahmad
Hadits 2
Diriwayatkan dari Uqbah bin amir ra, berkata: Rasulullah saw bersabda : "Mas Kawin yang paling baik adalah yang paling murah" Hadits riwayat Abu dawud, disohehkan oleh imam hakim.
Hadits 3
Diriwayatkan dari Amir bin Rabi'ah ra. : Seorang perempuan dari bani Fuzaroh menikah hanya dengan mas kawin 2 sandal, Rasul bertanya pada perempuan tersebut: "Apakah kamu ridho terhadap dirimu dan hartamu dengan 2 sandal?" perempuan itu menjawab: "Ya(saya ridho)". Maka Nabi saw melangsungkan pernikahan itu. Hadits riwayat Ahmad, Ibnu Maajah dan at tirmidzi
Hadits 4
Diriwayatkan dari jabir ra, Sesungguhnya rasulullah saw bersabda: "Jikalau seorang laki-laki memberikan mas kawin terhadap wanita hanya dengan segenggam tangan makanan, Maka wanita tersebut halal" Hadits riwayat Ahmad dan Abu dawud
Hadits 5
Diriwayatkan dari Anas ra. Sesungguhnya Rasulullah saw melihat Bekas kuning pada Abdirrohman bin Auf. Rasulullah saw bertanya : " Apa ini?". Abdurahman menjawab: "Saya menikahi seorang perempaun denagn mas kawin emas seberat biji korma" Nabi saw berkata: "Semoga Alloh memberkahimu, Selenggarakanlah walimah walau dengan (menyembelih) satu kambing". Hadit riwayat jamaah ahli hadits.
Hadits 6
Diriwayatkan dari Abi salamah bin Abdirrohman ra dia berkata: "Saya bertanya keapda Aisyah ra, Berapakah mas kawin yang diberikan Rasulullah saw?" Aisyah ra menjawab: "Rasulullah saw memberikan maskawin kepada istri-istrinya dengan 20 setengah uqiyah" Aisyah lalu bertanya: "Apakah kamu tahu berapa setengah uqiyah?" Abi salamah menjawab: "tidak". Siti Aisyah ra berkata: "Setengah Uqiyah itu 500 dirham, ini adalah mas kawin Rasulullah saw kepada istri-istrinya" Hadits Riwayat Imam Muslim
Hadits 7
Diriwayatkan dari Ibnnu Abbas ra. berkata: Ketika Ali ra menikahi Fatimah ra, Rasulullah saw berkata: "Berilah dia sesuatu!" Ali ra berkata: "Saya tidak punya apa apa" Rasulullah saw bersabda: "Mana baju al Khutomiyah?" Hadits riwayat Abu dawud dan Nasa'i
Hadits 8
Diriwayatkan dari Uqbah bin Amir ra. Sesungguhnya Rasulullah saw berkata pada seorang lelaki: "Apakah kamu ridho, Jika aku kawinkan engkau dengan seorang perempuan?" Lelaki itu menjab : "ya (saya ridho)" Maka rasulullah saw menikahkannya dengan salah satu sahabatnya. lelaki itu telah dukhul (hubungan intim) tapi belum membayar mas kawin dan tidak memberikan sesuatu." Lelaki itu mati syahid dalam perang Hudaibiyah, dan setiap orang yang Syahid di Hudaibiyah akan mendapat bagian rampasan di Khaibar. Ketika kematian telah menghampirinya, Lelaki itu berkata: "Sesungguhnya Rasulullah saw telah menikahkanku dengan seorang perempuan, dan aku belum memberikan mas kawin padanya dan tidak memberikan apapun pada wanita itu, dan aku bersaksi kepada kalian semua, aku memberikan mas kawin dari bagianku di khaibar" Maka wanita tersebut mengambila bagiannya dan menjualnya seharga seratus ribu. Hadits riwayat Abu dawud.

Penjelasan Hukum Biaya dan Mas Kawin dari hadits di atas

Setelah kita membaca dan meneliti hadits-hadits di atas, ada beberapa ketentuan yang berhubungan dengan biaya nikah dan biaya mas kawin yang harus dijalankan dalam syariat islam. Berikut kesimpulan hukumnya:

  1. Pernikahan yang barokah adalah pernikahan dengan biaya yang murah, begitupun dengan mas kawinnya yang paling baik adalah yang paling murah atau yang disesuaikan dengan kondisi perekonomian kita. 
  2. Rasulullah memberikan mas kawin yang sangat besar, jika kita lihat hadits di atas menyebutkan bahwa mas kawin rasulullah saw itu sebanyak 20,5 Uqiyah dan 1/2 uqiyah itu 500 dirham, berarti mas kawin Rasulullah itu adalah 1000 dirham x 20,5 = 20,500 dirham.
  3. Jadi artinya, mas kawin itu harus disesuaikan dengan kemampuan, tidak boleh dipaksakan. Tetapi juga jangan meremehkan ketika kita mampu memberikan yang lebih besar. Karena dalam hadits-hadits diatas, Rasulullah saw memerintahkan memberikan sesuatu yang sangat murah bahkan hanya dengan manfaat hafalan quran, itu kepada para sahabat yang memang tidak punya kelebihan dalam harta.
  4. Pembayaran mas kawin bisa ditangguhkan atau utang.
Demikian sedikit hikmah penjelasan Hadits Rasulullah tentang Biaya pernikahan dan Mas Kawin dalam Islam, untuk lebih jelasnya anda bisa membaca sumber-sumber kitab fiqih yang telah dijelaskan oleh para Ulama. semoga artikel ini bermanfaat.

Terima Kasih telah berkunjung dan berkomentar
EmoticonEmoticon